APAMSI

Monday
Dec 17th
Text size
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
Home Hot topic Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terbesar di RI

Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terbesar di RI

E-mail Print PDF

Peresmian IPP PLTS Kupang 5 MW (1)Len telah membangun IPP PLTS Kupang 5 MWp sebagai proyek Independent Power Producer PLTS pertama di Indonesia dan diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo di Desa Oelpuah, Kupang Tengah, Nusa Tenggara Timur (27/12/15).

Hingga sekarang sistem ini merupakan PLTS terbesar di Indonesia dan memiliki kandungan lokal lebih dari 69% dengan total sebanyak 21.840 (@ 230 Wp) buah PV Module merek Len di atas lahan ± 7 ,5 hektare.

IPP PLTS Kupang dibangun dengan metode investasi mandiri oleh Len yang kemudian dijual kepada operator (PLN) untuk didistribusikan memenuhi kebutuhan energi penduduk disekitarnya melalui jaringan transmisi 20 kV ke sistem kelistrikan Kupang. Hal ini sangat signifikan untuk menghemat biaya pokok penyediaan (BPP) listrik di daerah tersebut dibandingkan menggunakan pembangkit bermesin diesel (PLTD) yang berbahan bakar minyak.

 

Kontrak pembelian listrik (PPA: Power Purchase Agreement) ditandatangani antara PT Len Industri (Persero) dan PT PLN (Persero) Wilayah NTT pada tanggal 09 Januari 2015 untuk jangka waktu selama 20 tahun.

 

Selain di bidang renewable energy, Len juga sedang bersiap memasuki bisnis investasi lainnya di sektor transportasi perkeretaapian seperti Monorel, APMS ataupun ACT.

IPP_9925

Sumber : LEN

 

Last Updated ( Thursday, 06 December 2018 05:22 )